Selangkah lagi Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri

unnamed (13)Politikparlemen,JAKARTA – Komisi III hari ini pukul 10 wib akan melakukan fit & propertest Calon Kapolri  Komjen Pol Badrodin Haiti.

Ini merupakan rangkaian proses yang harus dilalui calon Kapolri tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR tanggal 18 Februari 2015  kepada Pimpinan DPR yang isinya mengajukan calon Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti dan membatalkan  pelantikan terhadap calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan.

Setelah kemarin Komisi III melakukan kunjungan ke kediaman Badrodin Haiti sebagai calon tunggal Kepala Kepolsian Republik Indonesia (Kapolri) dipastikan akan melenggang menjadi Kapolri secara definitif menggantikan Jenderal (Pol) Sutarman.

Ketua Komisi III DPR Azis Syamsudin mengatakan dalam uji kelayakan dan kepatutan seluruh Fraksi diberi kesempatan ajukan pertanyaan kepada Calon Kapolri. “Mudah mudahan fit & propertest berjalan lancar sesuai proses yang ada “. ujarnya.

Uji kelayakan ini adalah salah satu tahapan yang harus dijalani Badrodin untuk mendapat persetujuan DPR. Setiap fraksi sudah menyiapkan pertanyaan untuk diajukan pada Badrodin terkait visi misi dan beberapa hal penting lainnya.

Jika dalam rapat ini seluruh fraksi menyetujuinya sebagai calon kapolri, maka keputusan komisi diajukan ke Badan Musyawarah untuk selanjutnya merumuskan waktu rapat paripurna DPR.

ApabilA dalam paripurna pengajuan Badrodin sebagai kapolri disetujui, maka DPR akan mengesahkan badrodin sebagai kapolri dan diserahkan pada Presiden Jokowi untuk dilantik. (erc)

Leave a Reply

*