Parlemen Indonesia ajak Negara Asia Afrika Dorong Kemerdekaan Palestina

unnamed (17)

Ketua DPR Setya Novanto

Polittikparlemen, JAKARTA – Parlemen Indonesia mengajak parlemen dari negara-negara Asia Afrika peserta Konferensi Parlemen Asia Afrika (KPAA) untuk terus mendorong kemerdekaan Palestina. Kemerdekaan palestina menjadi salah satu agenda yang akan dibahas. KPAA diharapkan memberikan kekuatan baru yang efektif untuk memberi jalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina ke depan.

Demikian disampaikan Ketua DPR RI Setya Novanto pada pembukaan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (23/4). Pembukaan KPAA ini dihadiri Presiden Joko Widodo, para menteri kabinet kerja, mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno, mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung dan Marzuki Alie, delegasi peserta KPAA dari 30 negara Asia Afrika, dan anggota DPR RI.

“Persoalan yang dihadapi negara-negara Asia Afrika kini semakin kompleks sehingga dibutuhkan kerja sama strategis yang semakin erat dan konkret. Persoalan yang terkait dengan kelangsungan hidup manusia, hendaknya juga menjadi perhatian pimpinan parlemen dari negara-negara Asia Afrika, seperti persoalan rakyat Palestina,” ujarnya.

Karena itu kata Setya Novanto, kemitraan strategis baru diharapkan dapat menjadi kekuatan untuk mendorong kemerdekaan Palestina. Dengan demikian, kita telah berusaha untuk menuntaskan hutang sejarah yang belum terselesaikan yakni memerdekaan Palestina. “Untuk dapat menyelesaikan persoalan itu maka KPAA ini harus dapat menghasilkan deklarasi,” tambahnya.

Selain kemerdekaan Palestina, KPAA juga akan membahas persoalan kemiskinan, kesehatan, pendidikan, konservasi lingkungan hidup, ekonomi, dan sebagainya. Untuk itu, Setya Novanto berharap KAA ini dapat menjadi solusi darimasalah dunia yang semakin kompleks. Sehingga dibutuhkan kerja sama dengan target yang nyata. (mun)

Leave a Reply

*