Mensos : Negara siap Asuh 5 Anak yang ditelantarkan Orang Tuanya

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Politikparlemen,JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemsos) sudah menyiapkan instrumen untuk perlindungan bagi lima anak yang ditelantarkan orangtua yang kini berada di Children Village Cibubur, Jakarta Timur.

“Kalau nanti kelima anak itu harus diasuh negara, kami sudah menyiapkan seluruh instrumennya. Baik terkait perlindungan fisik dan psikis. Perlindungan sosial maupun intelektual,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Kemsos memiliki Rumah Perlindungan Sosial Anak (RSPA) yang dapat menampung kelima anak tersebut dengan berbagai instrumennya.

“Akan dicari format bersama. Kami sudah mengkomunikasikan dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia,” tuturnya.

Pada Jumat (15/5/2015) anak-anak tersebut sudah diajak melihat sekolah dan pada Senin (18/5/2015) sudah didaftarkan.

“Ini sebagai bentuk perlindungan intelektual mereka, kami berharap mereka bisa mendapatkan pendidik di sekolah,” ucapnya.

Terkait perlindungan fisik dan psikis, Kemsos sudah mengirim tim konselor dari RPSA yang ada di Batu Raden.

“Tiga orang kami minta minimal 20 hari tinggal di Children Village Cibubur supaya bisa mengikuti perkembangan fisik dan psikis anak-anak ini,” tambah dia.

Bagi orangtuanya, mensos mengaku sudah mengkomunikasikan ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemsos di Ciseeng.

“Kedua orangtua ini sudah terindikasi positif mengkonsumsi narkoba jika nanti hasil dari tim asessment terpadu kemudian mengatakan mereka harus direhabilitasi, mereka boleh memilih dan kami siap di panti rehabsos narkoba di Ciseeng,” jelas mensos. (erc)

Leave a Reply

*