BPJS Kesehatan Mulai hari ini Berlakukan Masa Tunggu 14 Hari

unduhan (71)Politikparlemen,JAKARTA- Proses pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan mulai hari ini Senin (1/6/2015) yang sebelumnya tujuh hari kalender diubah menjadi 14 hari kalender.

Artinya, untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, peserta yang baru mendaftar harus menunggu sampai dua minggu. Hal ini tertuang dalam Peraturan BPJS Kesehatan 1 / 2015.

“Masa tunggu 14 hari ini hanya berlaku bagi peserta pekerja bukan penerima upah dan peserta bukan pekerja yang mendaftar secara mandiri, dan memilih menjadi peserta kelas I dan II,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi, Jakarta, Senin (1/6).

Ia menjelaskan bahwa dalam prosedur pendaftaran peserta mandiri, nantinya setelah menerima formulir daftar isian peserta (DIP) yang telah diisi lengkap beserta kelengkapannya, BPJS Kesehatan akan memberikan nomor virtual account kepada calon peserta untuk keperluan pembayaran iuran premi bulanan. Setelah itu, BPJS Kesehatan akan melakukan proses administrasi kepesertaan yang dilaksanakan dalam waktu 14 hari kalender.

Menurut Irfan setelah proses tersebut selesai dilaksanakan, di hari ke-14, peserta harus melakukan pembayaran iuran pertama dengan menggunakan nomor virtual account tersebut. “Kalau sudah membayar, peserta dapat mengambil kartu peserta dan bisa mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan,” katanya.

Kahumas BPJS menjelaskan peraturan waktu proses pendaftaran 14 hari ini dibuat untuk memastikan administrasi kepesertaan berjalan baik. Proses administrasi kepesertaan yang harus dilakukan BPJS Kesehatan antara lain, melakukan verifikasi data kependudukan peserta agar tidak terjadi kepesertaan ganda, penyiapan dan pendaftaran untuk peserta terdaftar di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) pilihan, serta penerbitan kartu peserta. (hsu)

Leave a Reply

*