Hary Tanoe Terlibat dalam Pertemuan Kontroversial Setya Novanto-Donald Trump

unduhan (12)

Politikparlemen,JAKARTA – Fasilitator pertemuan Donald Trump dengan Ketua DPR RI Setya Novanto dan sejumlah pimpinan dewan lain ternyata Pengusaha dan Politikus Hary Tanoesudibjo. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya, yang ikut dalam rombongan Setya Novanto ke AS.

“Yang memfasilitasi, ya Pak Donald Trump itu kan mempunyai mitra. Mitranya di sini adalah Pak Hari Tanoe. Jadi bagi saya itu tidak perlu dipermasalahkan. Yang penting itu adalah bahwa kita bisa bertemu dengan seorang tokoh,” kata Tantowi, seperti dikutip suarapembaruan.com Rabu (9/9/2015).

“Lalu mengapa Hary Tanoe mau memfasilitasi pertemuan itu?” Tanya wartawan.

“Yaaaa…baik-baik saja saya rasa. Karena ketua DPR masih ada di situ,” jawab Tantowi.

Dia mengklaim sama sekali rak ada tujuan atau niatan tertentu dalam menggelar pertemuan itu. Tak ada pula deal bisnis tertentu. Pertemuan hanya digunakan Setya mengapresiasi Trump yang berinvestasi di Indonesia.

“Tidak ada politik sama sekali kok,” imbuhnya.

“Saya rasa, misalnya ketua DPR akan ke Washington nih besok. Kalau misalnya ada yang memfasilitasi ketemu Hillary Clinton, kenapa tidak? Ini kan dalam rangka networking, baik bisnis maupun apa saja,” jelasnya.

Dia menegaskan, dalam UU MD3, selain fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan pemerintahan, DPR RI diberi tugas tambahan, yakni fungsi diplomasi. Tujuannya dalam rangka membantu tugas Pemerintah sebagai pelaku utama diplomasi.(red)

Leave a Reply

*