Mendes : Dana Desa Dapat Kurangi Kemiskinan

images (20)

Politikparlemen,JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan dana desa merupakan solusi dalam mengatasi kemiskinan yang terjadi di desa.

“Dana desa yang sudah ada di daerah sekarang ini harus segera dipergunakan untuk membangun infrastruktur desa, setiap desa harus melaksanakan tiga sampai empat proyek infrastruktur dasar seperti jalan desa, irigasi, sanitasi, jalan usaha tani, dan sebagainya,” ujar Marwan di Jakarta, Minggu.(20/9/2015)

Hingga saat ini, dana desa yang telah tersalurkan dari pusat ke kabupaten/kota mencapai Rp16 triliun atau 80 persen dari alokasi APBN 2015 sebesar Rp20,7 trilyun.

Dengan berjalannya pembangunan infrastruktur di desa, lanjut Marwan, maka akan terserap banyak tenaga kerja yang bekerja pada proyek-proyek tersebut dan dampak lain yang ditimbulkan seperti munculnya peluang usaha material untuk memasok kebutuhan material proyek, usaha kuliner untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para pekerja proyek, dan peluang usaha terkait lainnya.

“Saya yakin dengan bergeraknya proyek infrastruktur desa, maka masalah pengangguran dan kemiskinan di desa yang sebelumnya dilaporkan mengalami peningkatan, akan dapat ditekan angkanya secara signifikan, karena mereka akan bekerja dan memiliki pendapatan layak,” jelas dia.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan terjadinya peningkatan jumlah penduduk miskin di perdesaan pada bulan Maret 2015 sebanyak 570.000 orang menjadi 17,94 juta orang dari sebelumnya 17,37 juta orang pada bulan September 2014.

“Saya cermati meningkatnya angka kemiskinan di desa diantaranya karena belum berjalannya pembangunan infrastruktur, jadi seiring dengan telah turunnya dana desa yang dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur desa, maka saya yakin masalah kemiskinan di desa akan teratasi, begitu pula bertambahnya angka pengangguran dari dampak PHK juga akan teratasi karena mereka bekerja lagi, memiliki penghasilan lagi, bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari.”katanya.

Politisi PKB itu juga menekankan dana desa tidak hanya berdampak positif terhadap tumbuhnya ekonomi desa, tetapi juga berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi perkotaan, ekonomi daerah, bahkan ekonomi nasional.(hsu)

Leave a Reply

*