BI : Tekanan Kenaikan Harga Akan Terjadi Bulan November

unduhan

Politikparlemen,JAKARTA – Tekanan kenaikan harga pada November 2015 diperkirakan meningkat dari bulan sebelumnya. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) pada November sebesar 151,4 atau lebih tinggi dari bulan sebelumnya 132,1. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan hal itu kepada wartawan di Jakarta,Jum’at (9/10/2015)

Menurutnya tekanan kenaikan harga terjadi akibat peningkatan harga barang dari distributor seiring dengan kekhawatiran terganggunya distribusi karena faktor cuaca dan depresiasi nilai tukar rupiah.

“Namun konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga umum pada Februari 2016 akan terkendali,” katanya.

Tirta optimisme terhadap terkendalinya tekanan kenaikan harga umum dipengaruhi lancarnya distribusi barang dan relatif stabilnya harga barang dari distributor.

Di sisi lain retailer terhadap penjualan eceran pada November 2015 dan Februari 2016 diprediksi akan menurun. Hal ini tercermin dari indeks ekspektasi penjualan pada November 2015 sebesar 121,2 atau lebih rendah dari 121,5 pada bulan sebelumnya.

Demikian pula indeks penjualan pada Februari 2016 diprediksi lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. “Penurunan optimisme terhadap perkiraan penjualan eceran pada November 2015 dan Februari 2016 didorong kekhawatiran konsumen terhadap penurunan permintaan masyarakat seiring dengan menurunnya daya beli dan berlanjutnya tren pelemahan nilai tukar rupiah,” tegas Tirta.(hsu)

Leave a Reply

*