Partisipasi Pemilih Perempuan Harus Meningkat di Pemilu 2019

20190127_135007

JAKARTA – Keberadaan perempuan dalam pemilu sangat menentukan, untuk itu perlu pendidikan lebih dalam mengenai politik, apalagi kuota pencalegan kaum hawa ini mengamanatkan 30 persen, meskipun baru terealisasi 18 persennya.

“Melalui pendidikan politik terhadap kaum perempuan, diharapkan lahir perempuan-perempuan yang melek dunia politik, karena mereka juga menentukan,” kata Caleg DPR No urut 3 Partai Golkar Lindsey Afsari Puteri selaku pembicara dalam seminar ” Dukungan Kebijakan Politik Untuk Perkembangan Industri Ekonomi Kreatif ” di Gedung GOR Kelapa Gading Jakarta, Minggu (27/1).

Lindsey Afsari Puteri yang juga Bendahara Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG),menjelaskan partisipasi perempuan dalam pemilu masih sangat sedikit, karena kemungkinan banyak yang menghalangi. Misalnya mereka enggan ke TPS karena harus meninggalkan rumah lagi, padahal esksistensi perempuan sangat menentukan pemilihnya.

“Kadang perempuan suka males keluar rumah untuk mencoblos, padahal ke TPS itu tidak lama. Jadi harus kita touch (sentuh) dengan pengetahuan yang benar bahwa memilih itu bukan sekadar nyoblos doang selesai, tapi apa tujuan dan esensinya ikut dalam Pemilu,” ujar Lindsey.

Diakui Lindsey bahwa gejala yang terjadi selama ini ketika kaum perempuan diperhadapkan pada kesulitan operasional politik berupa dana, apalagi jika kaum hawa tidak memiliki kemandirian dan kesanggupan mengelola keuangan guna mengumpulkan masyarakat dalam melontarkan ide-ide dan gagasannya.

Akibatnya, lanjut Lindsey, tidak jarang ketika diantara mereka sedang “berjuang” dari bawah dan tidak sokongan mendapat operasional logistik sama sekali, akan berhenti dengan sendirinya di tengah jalan.

“Makanya sekarang kita fokuskan bagaimana menjual ide kepada masyarakat dan ini menjadi PR bagi kaum perempuan. Dan di internal kami di Golkar sering bersuara untuk memperhatikan kaum perempuan dan syukurlah mendapat respon positif dari DPP Golkar, khususnya dewan Pembina Golkar,”pungkasnya.(*)

Leave a Reply

*