Lahan Terbatas, Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta Fokus Bisnis Pertanian

20190225_142926

JAKARTA – Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta hari ini dilantik yang lahir dari semangat untuk memberdayakan perempuan dalam bidang pertanian dengan mengedepankan modernisasi pada sektor kegiatan pertanian di dalam setiap programnya.

“Perempuan harus ikut berperan dalam pengambilan keputusan, termasuk di sektor pertanian,” kata
Ketua DPP Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta Rina Fitri di Jakarta, Senin (25/2).

Menurutnya untuk Provinsi DKI Jakarta berbeda dengan provinsi lain dalam lahan pertanian terbatas sehingga fokus mengandalkan pada bisnis pertanian.

“Nantunya perempuan di Jakarta dapat berdaya tapi bisa eksis dengan bisnis pertanian dengan membantu teman-teman dari provinsi lain dalam memasarkan produk pertanian baik didalam negeri maupun luar negeri, jadi lebih ke network” ujarnya.

“Lahan yang terbatas tidak mengurangi aktifitas perempuan di Jakarta yaitu bisa dengan tanaman hidroponik, namun yang terpenting pemasarannya untuk di Ekspor,” tambah Rina.

Ketua Umum DPN Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto menyampaikan bahwa perempuan merupakan pihak yang ikut berjasa pada proses budidaya pertanian tradisional. Ini ditandai dengan peran aktif perempuan dalam mengembangkan budidaya pertanian melalui keterampilannya.

“Perempuan turut andil mengembangkan pertanian. Di samping peran utama perempuan dalam pengambilan keputusan rumah tangga. Perempuan merupakan kunci dalam ketahanan pangan dalam sebuah keluarga dimulai dari perencanaan, mengolah pangan, hingga menentukan besar kecilnya anggaran,” ungkap Dian.

Dian juga menegaskan, saat ini sudah saatnya perempuan mempunyai akses yang sama dalam hal pembangunan pertanian.

“Selain mengurus rumah tangga, perempuan dapat membantu suami dalam mencari nafkah dan mengurus lahan pertanian atau pekarangan untuk menghidupi keluarganya,” ujarnya.

“Peran-peran perempuan yang begitu besar tentunya harus diapresiasi, kondisi ini tentu harus menjadi perhatian publik, sehingga aktivitas dari semua peran perempuan dalam berbagai bidang pembangunan dapat terekspos ke publik dengan maksud menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh masyarakat,” pungkas Dian.(*)

Leave a Reply

*